7 Cara Mudah untuk Mengajari Anak-anak Anda Bersyukur atas Apa yang Mereka Miliki




Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memasukkan menanamkan kebajikan syukur pada anak-anak Anda. Saat Anda menjalani hari-hari Anda, tunjukkan pada mereka, peristiwa-peristiwa indah yang terjadi di balik layar yang biasanya kita anggap remeh.

1. Tetapkan Contoh yang Tepat.

Lebih baik jika Anda mengajar mereka dengan menggunakan kata-kata yang tepat pada waktu yang tepat sendiri. Berapa banyak orang tua yang Anda lihat berkata “Terima kasih” di sana anak-anak berusia dua atau tiga tahun. Melalui teladanlah anak-anak belajar terbaik, dan mengajar rasa terima kasih tidak berbeda dengan hal lain dalam hal itu. “Anak-Anak Belajar Apa Mereka Hidup!”

2. Ajarkan Melalui Bermain Peran.

Anda dapat bermain game dengan anak-anak Anda yang menerapkan kebajikan syukur. Mainkan kursi kedua dan berlatih menunjukkan kepada mereka bagaimana rasanya berada di ujung penerima sebuah tak terduga, “Terima kasih!”

3. Mengajar dengan Menunjukkan Mereka Bagaimana Melayani Orang Lain.

Bahkan hal-hal sederhana seperti memegang pintu untuk orang tua, adalah cara-cara kecil kita dapat menunjukkan kepada mereka bagaimana orang lain menghargai kita dan tindakan kita. Ini juga merupakan cara untuk tersenyum dan mengangkat ke hari yang tidak dikenal, yang selalu menciptakan perasaan yang baik di dalam diri orang yang melakukan perbuatan baik juga.
Anda akan terkejut betapa seringnya gerakan sederhana seperti ini dapat terjadi dalam aktivitas normal sehari-hari Anda, di tempat-tempat seperti toko bahan makanan, kantor dokter, atau perjalanan belanja.

4. Buat Daftar Rencana

Cara mudah untuk membuat mereka membuat daftar apa yang mereka syukuri adalah dengan menggunakan “The Daily Gratitude Journal Software” Anda akan menemukan tautan ke perangkat lunak ini di kotak sumber daya di akhir artikel ini. Ada dua versi, satu ditulis dalam “bahasa anak dan menampilkan output” font anak “dan versi dewasa juga.
5. Mengajarkan Rasa Terima Kasih Saat Pergi Tanpa Benda.

Baru-baru ini keluarga tunggal saya yang terdiri dari tiga anak dan saya sendiri harus berurusan dengan 24 jam penuh tanpa daya. Pemadaman ini disebabkan oleh badai angin, adalah kesempatan ideal bagi saya untuk mengajari mereka apa yang harus kami syukuri karena biasanya kami terima begitu saja. Hal-hal sederhana seperti, lampu, panas, dan bisa menonton TV, hanyalah beberapa yang cepat terlintas dalam pikiran.

6. Tunjukkan pada mereka Cara Bersyukur atas Hal-Hal Kecil dalam Kehidupan.

Seperti dalam contoh sebelumnya, walaupun, kebanyakan dari kita tidak akan mempertimbangkan panas dan hal-hal kecil yang ringan, mereka adalah hal-hal yang selalu ada untuk anak-anak kita, jadi mereka adalah hal-hal sederhana yang biasanya mereka tidak terlalu memperhatikan.

Contoh sederhana lainnya dapat meliputi; memiliki makanan untuk dimakan sepanjang waktu, teman untuk bermain, dan memiliki banyak mainan dan perlengkapan sekolah. Menunjukkan kepada mereka contoh anak-anak negara dunia ketiga yang pergi tanpa barang-barang ini adalah cara untuk mengajarkan mereka penghargaan atas apa yang mereka miliki juga.

7. Ajari mereka untuk melihat hal baik pada seseorang yang tidak mereka sukai.

Anda bahkan dapat menggunakan pengalaman negatif untuk mengajari mereka nilai bersyukur. Ketika saya memikirkan hal ini, yang langsung terlintas di benak saya adalah film Walt Disney, “PollyAnna” di mana ia memainkan permainan “Senang” dan menemukan banyak hal untuk disyukuri dalam setiap situasi yang ia temui. Menyewa video ini, menonton dan mendiskusikannya dengan mereka akan menjadi kegiatan keluarga waktu yang hebat dan bersyukur.

Saat Anda menjalani hari-hari Anda, tunjukkan pada mereka, peristiwa-peristiwa indah yang terjadi di balik layar yang biasanya kita anggap remeh. Hal-hal seperti polisi, yang melindungi kita, petugas pemadam kebakaran yang ada di sana untuk mereka yang membutuhkannya, dan petugas di toko kelontong melakukan pekerjaannya untuk membantu kita mendapatkan makanan kita. Komentar sederhana terima kasih untuk semua kegiatan sehari-hari ini adalah cara termudah untuk menjadi panutan penghargaan yang akan mereka pelajari dan tiru.

Add Comment